Minggu, 06 November 2016

HUBUNGAN IT DENGAN KEPERAWATAN


HUBUNGAN IT DENGAN KEPERAWATAN



 


DI SUSUN OLEH :
Suwandi
Nurfajrah Laisuna






PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN WIDYA NUSANTARA PALU
2016


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Makalah ini di susun sebagai salah satu proses kegiatan belajar mengajar sehingga kita dapat menimba ilmu dari makalah ini. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam administrasi pendidikan dalam profesi Kesehatan khususnya pada profesi Keperawatan.
Ucapan terima kasih atas bimbingan dosen pembimbing mata kuliah ini yaitu ibu Rohayati Simbolon, S.Kom, serta bantuan teman-teman sekelompok yang mencurahkan buah pikirnya pada makalah ini. Harapan kami semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, khususnya bagi kami anggota kelompok yang membawakan materi Hubungan Teknologi dan Informasi dengan Keperawatan  ini.
Makalah ini kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh kerena itu kami berharap kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.



Palu,       Oktober 2016


Penulis








DAFTAR  ISI

HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR .....................................................................................................  i
DAFTAR ISI ....................................................................................................................  ii
BAB I  PENDAHULUAN ...............................................................................................  1
1.1.  Latar belakang .............................................................................................................  1
1.2.  Rumusan masalah ........................................................................................................  1
1.3.  Tujuan ..........................................................................................................................  1
BAB II  PEMBAHASAN ................................................................................................  2
2.1.  Pengertian Teknologi dan Informasi ...........................................................................  2
2.2.  Pengertian Teknologi dan Informasi dalam Bidang Keperawatan ..............................  2
2.3.  Teknologi dan Informasi dalam Bidang Keperawatan ................................................  2
2.4.  Pemanfaatan Teknologi dan Informasi dalam Bidang Keperawatan ..........................  3
2.5.  Dampak Pelayanan Terhadap Kesehatan ....................................................................  3
BAB III  KESIMPULAN DAN SARAN .......................................................................  5
3.1.  Kesimpulan ..................................................................................................................  5
3.2.  Saran ............................................................................................................................  5
DAFTAR PUSTAKA
















BAB I
PENDAHULUAN
1.1.   Latar Belakang
Teknologi adalah suatu kebutuhan yang sangat penting dalam bidang apapun. Khususnya dalam bidang Ilmu Keperawatan, tidak hanya dengan teori dan praktik saja, namun teknologi pun ikut andil dalam pelaksanaan keperawatan itu sendiri. Dengan demikian kita dituntut untuk mengikuti perkembangan jaman dengan hadirnya informasi terbaru dan terupdete dalam dunia kesehatan.
1.2.   Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, masalah yang akan dibahas pada makalah ini yaitu bagaimana perawat mampu untuk mengetahui dan menerapkan kecanggihan teknologi dalam bidang keperawatan agar lebih mudah dan fleksibel ?
1.3.   Tujuan
Dengan hadirnya teknologi dan informasi yang semakin modern, para perawat dituntut untuk dapat mengetahui dan menerapkan kecanggihan teknologi dalam bidang keperawatan dengan tujuan untuk lebih mudah dan lebih fleksibel.

















BAB II
PEMBAHASAN
2.1.   Pengertian Teknologi dan Informasi
Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Informasi adalah hasil pemprosesan, manipulasi dan pengorganisasian/penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya.
Jadi, bisa kita simpulkan bahwa Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.
2.2.   Pengertian Teknologi dan Informasi dalam Bidang Keperawatan
Informatika dalam keperawatan adalah kombinasi ilmu komputer dan informasi dengan ilmu keperawatan. Informatika keperawatan adalah bagian dari informatika perawatan kesehatan yang lebih besar. Perawat dipersiapkan sebagai spesialis dalam bidang ini, yang pasti seorang perawat harus melek Teknologi Informasi.
2.3.   Teknologi dan Informasi dalam Bidang Keperawatan
Pemanfaatan teknologi akan semakin meningkat seiring dengan perkembangan kebutuhan manusia. Perkembangan teknologi mempunyai peran penting terhadap kehidupan manusia termasuk di dalam pemenuhan kebutuhan kesehatan. Perawat sebagai salah satu tenaga kesehatan yang ikut serta berperan dalam pelayanan kesehatan merasakan dampaknya.
Perkembangan teknologi informasi khususnya internet memberi peluang kepada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman tentang salah satu persoalan penting yang dihadapi sehari hari yaitu kesehatan. Peningkatan pemahaman tentang kesehatan ini dapat membawa pengaruh yang sangat besar terhadap cara pandang masyarakat terhadap kebiasaan hidup sehari-hari yang dapat memberikan dampak terhadap kesehatan manusia. Sebagai contoh konsumsi makanan yang menyehatkan dan penjelasan berbagai alternatif bahan obat-obatan yang dapat membantu mengobati penyakit yang sedang diderita.
Keperawatan sebagai bagian intergral dari pelayanan kesehatan, ikut menentukan menentukan mutu dari pelayanan kesehatan. Tenaga keperawatan secara keseluruhan jumlahnya mendominasi tenaga kesehatan yang ada, dimana

keperawatan memberikan konstribusi yang unik terhadap bentuk pelayanan kesehatan sebagai satu kesatuan yang relatif, berkelanjutan, koordinatif dan advokatif. Keperawatan sebagai suatu profesii menekankan kepada bentuk pelayanan professional yang sesuai dengan standart dengan memperhatikan kaidah etik dan moral sehingga pelayanan yang diberikan dapat diterima oleh masyarakat dengan baik.
Dalam melaksanakan praktik keperawatan, tentunya perawat berhadapan dengan berbagai macam kondisi klien. Pengalaman merawat klien ditatanan klinik menjadi sebuah pengalaman berharga sebagai bekal dalam menjalankan pelayanan keperawatan yang professional. Namun hal itu tentu tidak cukup, karena kondisi klien, pengetahuan klien yang meningkat, dan mudahnya akses informasi melalui teknologi informasi yang saat ini berkembang pesat, menutut  perawat untuk juga mengembangkan diri untuk meningkatkan profesionalis-menya.
2.4.   Pemanfaatan Teknologi dan Informasi dalam Bidang Keperawatan
Salah satu contoh pemanfaatan Teknologi Informasi yaitu penggunaan gadget, misalnya PDA. Dengan gadget ini, seorang perawat bisa melakukan pengumpulan database pasien, organizer, mengakses secara cepat informasi tentang obat dan penyakit, perhitungan kalkulasi obat dan juga bisa digunakan untuk membuat rencana asuhan keperawatan.
Penerapan Teknologi Informasi dalam keperawatan lainnya seperti sistem registrasi online, penggunaan robot untuk merawat pasien, telenursing, yaitu penggunaan Teknologi Informasi dalam pelayan keperawatan, dan berbagai hal lainnya.
2.5.   Dampak Pelayanan Terhadap Kesehatan
2.5.1.      Peningkatan mutu pelayanan
Dengan adanya internet, akan mempermudah dalam mencari informasi sehingga memungkinkan bagi perawata untuk senantia mengupdate keilmuan melalui internet dengan mengakses berbagai perkembangan ilmu pengetahuan khususnya yang berkaitan dengan bidang pelayanan keperawatan.
Selain itu, perawat sebagai salah satu bagian dari tenaga kesehatan yang meliputi pelayanan terhadap masyarakat mulai dari tahap promotif, preventif, ceratif sampai rehabilitative. Dengan adanya akses internet yang mudah digunakan oleh siapa saja, maka perawat bisa menggunakan media internet sebagai promosi kesehata yang bisa efektif dan bisa diakses oleh siapapun.
2.5.2.      Perkembangan ilmu pengetahuan
Menjalankan praktik keperawatan diruang perawatan berdasarkan evidence based menjadi sebuah tuntutan karena hal ini merupakan upaya signifikan dalam memperbaiki pelayanan kesehatan yang berorientasi pada efektifitas biaya dan manfaat (cost-benefit effectiveness). Menurut sebuah studi meta-analysis terhadap berbagai laporan penelitian keperawatan yang dilakukan oleh Heater, Beckker, dan Olson (1988), menjumpai bahwa pasien yang mendapatkan intervensi keperawatan bersumber dari riset memiliki luaran yang lebih baik bila dibandingkan dengan pasien yang hanya mendapatkan intervensi standar. Praktik pelayanan kesehatan yang berdasarkan fakta empiris (evidence based practice) bertujuan untuk memberikan cara menurut fakta terbaik dari riset yang diaplikasikan secara hati-hati dan bijaksana dalam tindakan preventif, pendeteksian, maupun pelayanan kesehatan.
2.5.3.      Pengembangan pelayanan keperawatan
Tuntutan pelayanan keperawatan yang profesional dari masyarakat menuntut perawat untuk mengupdate pengetahuannya dan menjalankan asuhan keperawatan berdasarkan evidence based. Perawat yang bekerja di ruangan mempunyai keterbatasan waktu untuk bisa mengakses evidence based tersebut.  Beberapa artikel tentang akses internet ditempat kerja menunjukkan bahwa adanya akses internet akan membantu perawat dalam mengakses evidence based walau adanya keterbatasan waktu karena mereka dapat melakukannya dengan cepat. Hal ini akan membantu perawat meningkatkan kepercayaan diri, ketrampilan dalam memberi asuhan dan memperoleh informasi dari beberapa rekan dari belahan dunia lainnya.
2.5.4.      Sarana perpustakaan
Selain hal-hal tersebut diatas, Internet juga menyediakan fasilitas Perpustaakan Online, yang berupa kumpulan-kumpulan Web sites dari perpustakaan kelas dunia. Dalam Situs ini kita dapat memperoleh buku-buku yang dapat kita baca secara online maupun offline (setelah kita download terlebih dulu) secara gratis, buku-buku tersebut mulai dari kesehatan, ensiklopedia, Novel, Iptek, dan sebagainya.




BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1.   Kesimpulan
Ilmu keperawatan telah berkembang pesat di beberapa negara.. Kondisi masyarakat masih belum memahami bahkan menerima bahwa keperawatan ternyata memiliki area yang luas di bidangnya, tidak terbatas pada praktik klinik (kuratif). Salah satu area disiplin ilmu keperawatan yang masih belum populer yaitu perawat informatik.
Perawat informatik adalah salah satu area spesialisasi dari ilmu keperawatan yang berkembang dan mulai dikembangkan di Indonesia. Keperawatan informatika bermanfaat untuk menunjang tugas perawat dalam memberikan asuhan keperawatan baik di area klinik maupun non-klinik.
Saat ini posisi manajemen keperawatan informatik masih banyak diambil alih oleh ahli dari disiplin ilmu lain. Kenapa hal ini dapat terjadi? Inilah tantangan untuk para perawat kenapa keadaan di negara-negara berkembang, sangat berbeda dengan keadaan perkembangan keperawatan informatik di luar negri misal USA, Australia, Canada, Jepang, dan beberapa negara maju lainnya.
4.2.   Saran
Setelah kita mengenal tentang Teknologi dan Informasi diharapkan perawat sudah mampu untuk mengetahui dan menerapkan kecanggihan teknologi dalam bidang keperawatan agar lebih mudah dan fleksibel













DAFTAR PUSTAKA

http://haerulinjeksi09.blogspot.com/2012/01/3peran-teknologi-informasi-untuk.html

1 komentar:

  1. Casinos Near Me - MapyRO
    Find the 안산 출장샵 nearest Casinos 경산 출장샵 to Casino Vegas in 남원 출장마사지 Henderson, NV. Explore MapyRO and other popular Casino Sites in 2021. Use the links to 나주 출장마사지 get the 아산 출장안마 latest

    BalasHapus